Category Archives: Berita

  • 0

Nyarmiasih, Pengusaha Nata De Coco dari Pondok Kecamatan Sambirejo

Category : Berita

“ DENGAN BERIZIN, USAHA MAKIN LANCAR “

Menjadi seorang pengusaha harus jeli memanfaatkan setiap peluang dan potensi. “Semangat” yang menjadi awal bagi Nyarmiasih dalam memulai dan mengelola usahanya. Berawal dari memanfaatkan air kelapa yang diperoleh dari sekitar rumahnya, kini Nyarmiasih telah menjadi pengusaha  nata de coco yang cukup besar kapasitas produksinya. Menurut pengakuan warga Dukuh Pondok Desa Sambirejo Kecamatan Sambirejo tersebut, setiap hari ia membutuhkan 12 jirigen besar (kurang lebih 300 Liter) air kelapa sebagai bahan baku pembuatan nata de coco. Air Kelapa sebanyak itu tentunya tidak bisa diperoleh di sekitar rumahnya, namun dibeli dari berbagai pasar seperti pasar di Ngrambe atau pasar di Gondang.

Nyamiarsih mengatakan untuk proses produksi nata de coco,  memerlukan waktu 10 hari mulai perebusan air kelapa, pemberian starter, proses fermentasi sampai jadi nata de coco yang siap konsumsi. “ Untuk pembuatan starter, bahan yang diperlukan adalah gula, cuka dan amonium sulfat” terangnya.  Menurut   Nyarmiasih, usaha nata de coco yang ia geluti hanya sampai proses produksi saja. Sedang proses pemotongan, pengemasan dan pemasarannya diserahkan pada pengusaha lain, yang kebetulan masih saudaranya.

Sebagai seorang pengusaha, Nyarmiasih sangat mengerti akan pentingnya perizinan untuk kepentingan usahanya. Untuk itu ia telah melengkapi usahanya dengan berbagai izin yang diperlukan seperti Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil yang dikeluarkan oleh Kecamatan Sambirejo dan telah mengajukan Izin Produk Industri Rumah Tangga yang saat ini masih dalam proses. “Dengan dilengkapi surat-surat izin usaha ini saya menjadi lebih tenang dalam menjalankan usaha sehingga usaha saya juga makin lancar“ kata Nyarmiasih ketika menerima Tim Pengawasan dan Pembinaan Perizinan dan Nonperizinan DPMPTSP Kabupaten Sragen, Senin, 24/2/2020. Tim menganjurkan untuk segera memperbarui izin melalui OSS (Online Single Submission) berupa NIB (Nomor Induk Berusaha), IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) , dan SPPIRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga). (IPP)


  • 0

DARI TEGALREJO TEMBUS TAIWAN DAN BRUNEI DARUSSALAM

Category : Berita

Rumahnya cukup sederhana terletak di sebuah  jalan desa yang jauh dari keramaian. Namun, siapa sangka dari rumah yang dari luar tidak nampak sebagai tempat usaha tersebut, mampu memproduksi pakaian jadi yang telah menembus pasar di berbagai negara seperti Taiwan,  Brunedi Darussalam dan Timor Leste. Pemilik usaha tersebut adalah Sigit Riyanto, warga Dukuh Gombelan RT 12 Desa Tegalrejo Kecamatan Gondang.

Memasuki ruang utama rumah tersebut, nampak belasan karyawan sedang sibuk menjahit bahan pakaian dan seragam pesanan. Sementara di sudut ruangan nampak seragam dan gaun wanita yang sudah jadi. Seragam dari salah satu sekolah di Timor Leste sudah dikemas dalam plastik. Selain memproduksi pakaian jadi, Sigit juga memiliki unit usaha bordir dengan teknologi komputer. Satu set mesin bordir berteknologi komputer untuk  melengkapi usahanya, yang ditempatkan di sebuah ruangan di samping ruang utama.

Menurut pengakuan Sigit, semula ia hanya seorang penjahit biasa dan masih ikut pada pengusaha konveksi lain. Namun berkat ketekunan dan keuletannya ia telah memiliki usaha konveksi dan bordir sendiri yang diberi nama “SGT Bordir Komputer dan Konveksi“. Untuk pesanan pakaian jadi, ia peroleh dari para  rekanan bisnisnya. Menurut Sigit, pakaian jadi hasil produksinya memang mayoritas untuk komoditi ekspor ke berbagai manca negara. Meski demikian ia juga melayani untuk pemasaran lokal, kalau ada permintaan. “Order yang rutin  saya terima adalah  pembuatan seragam salah satu sekolah di negara Timor Leste“ kata Sigit sambil menunjukkan tumpukan pakaian seragam sekolah Timor Leste yang siap dikirim. Sedang  unit bordirnya, kebanyakan untuk memproduksi atribut seragam sekolah, PNS, TNI/Polri, dan sebagainya.

Sebagai pengusaha yang sedang mengembangkan usahanya, Sigit Riyanto telah melengkapi usahanya dengan izin-izin yang diperlukan.  “Saya telah mengurus izin usaha Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) melalui aplikasi OSS di DPMPTSP Sragen  beberapa waktu lalu“ katanya ketika menerima Tim Pengawasan dan Pembinaan Perizinandan Nonperizinan DPMPTSP Sragen (Selasa, 18/2/20 ). “ Proses pengajuan izin juga mudah dan tidak berbelit-belit “ tambahnya. (IPP)


  • 0

PELAKU USAHA BERI RESPONS POSITIF TERHADAP PELAYANAN DPMPTSP SRAGEN

Category : Berita

Pelayanan Perizinan DPMPTSP Sragen mendapat respons yang positif dari masyarakat pelaku usaha yang mengajukan perizinan ke DPMPTSP. Hal tersebut terungkap, ketika tim Koordinasi  Pengawasan dan Pembinaan Perizinan dan Nonperizinan DPMPTSP Kabupaten Sragen mengadakan kegiatan pengawasan dan pembinaan di wilayah Kecamatan Gemolong (Kamis / 13 Februari 2020). Para pelaku usaha yang mengajukan permohonan tersebut mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan DPMPTSP Kabupaten Sragen.

            Seperti yang dikemukakan oleh Sunarso,  seorang pengusaha bidang pupuk dan obat-obatan pertanian, yang tinggal di Desa Peleman, Kec. Gemolong.  Menurut Sunarso proses pengajuan perizinan di DPMPTSP sangat mudah dan cepat selesai. Ia mengaku hanya membutuhkan waktu beberapa menit  sampai selesai proses pengajuan  perizinan. “Petugasnya juga ramah dan terampil dalam membantu dan memandu saya dalam pengajuan perizinan“ tambah pensiunan guru tersebut. Sunarso juga mengaku senang Tim Pengawasan dan Pembinaan Perizinan dan Nonperizinan DPMPTSP berkunjung ke tempat usahanya terkait  dengan perizinan usaha yang telah ia ajukan .

            Hal senada juga dikatakan  K.H. Slamet Al Barqy, pengusaha bidang biro perjalanan haji / umroh yang tinggal di desa Geneng Duwur, Kecamatan Gemolong. Menurut pengelola pondok pesantren Al Muzanni tersebut, pola jemput bola pengawasan dan pembinaan yang dilakukan DPMPTSP Kabupaten Sragen, sangat membantu para pengusaha di daerah yang belum paham dalam proses pengajuan perizinan usahanya. Slamet Sukardi mengaku sangat senang dan berterimakasih mendapat kunjungan dari Tim Pengawasan dan Pembinaan  Perizinan dan Nonperizinan DPMPTSP, sehingga ia menjadi paham tentang proses pengajuan perizinan melalui  aplikasi OSS.

            Kegiatan Pengawasan dan Pembinaan Perizinan dan Nonperizinan DPMPTSP di wilayah Kecamatan Gemolong dilaksanakan dengan mengunjungi beberapa pengusaha yang telah mengajukan perizinan melalui aplikasi OSS di DPMPTSP. Menurut Kabid Informasi Pengawasan dan Pengaduan DPMPTSP, Aniek Windarsih, kegiatan Pengawasan dan Pembinaan Perizinan tersebut dilaksanakan untuk memantau, mengawasi serta melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha yang telah mengajukan perizinan. Melalui kegiatan tersebut dapat diketahui apakah usaha yang dilaksanakan para pelaku usaha sudah sesuai dengan izin usaha yang diajukan. Selain itu banyak pelaku usaha  yang masih belum selesai dalam pengajuan izinnya,  seperti  belum melakukan aktivasi perizinannya atau belum memenuhi komitmen. Hal itu  karena masih kurangnya pemahaman dari para pelaku usaha tentang proses pengajuan perizinan melalui aplikasi OSS. “Melalui kegiatan tersebut diharapkan makin meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pengusaha untuk  mengurus perizinan usahanya, yang akhirnya semakin meningkatkan iklim investasi di Kabupaten Sragen “ jelas Aniek Windarsih. (IPP)


  • 0

MEMBANGUN CHARACTER MELALUI HYPNOTHERAPY

Category : Berita

DPMPTSP Sragen – Empat puluhan Karyawan dan Karyawati Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sragen, mengikuti kegiatan character building (membangun karakter) di Aula DPMPTSP, Senin (20/5/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan sore hari selepas jam kerja tersebut mengundang Bapak Hari Indra Yudayana selaku motivator dan praktisi hypnotherapy.

Acara yang dikemas dengan penuh canda dan kekeluargaan bertujuan untuk sejenak melepaskan diri dari kepenatan rutinitas di tempat kerja. Selain itu, semangat kebersamaan dan jiwa korsa di antara seluruh karyawan  diharapkan semakin terpupuk sehingga berpengaruh dengan kualitas kinerja.

Dalam kata-kata motivasinya, Bapak Hari Indra menekankan agar kita selalu memiliki pikiran dan perkataan positif agar alam bawah sadar kita juga merekam hal-hal yang positif pula.

Acara ditutup dengan foto dan buka puasa bersama.  (IPP)


  • 0

STUDI TIRU ZONA INTEGRITAS KE DPMPTSP KOTA SURAKARTA

Category : Berita

 DPMPTSP Sragen – Tim Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sragen, yang diwakili oleh Tim dari Bidang Informasi, Pengawasan dan Pengaduan melakukan studi tiru Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) ke DPMPTSP Kota Surakarta, Rabu (15/5/2019).

DPMPTSP Kabupaten Sragen pada tahun 2019 ini menjadi salah satu SKPD yang diajukan untuk mengikuti Penilaian Mandiri Pembangan Zona Integritas sebagai wujud pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Tim ditemui oleh Kepala DPMPTSP Kota Surakarta Bapak Toto Amanto, Sekretaris Dinas serta Bapak Parjimin sebagai petugas penyusun dokumen dan data dukung WBK dan WBBM. Pada kesempatan itu, Bapak Toto menyampaikan bahwa DPMPTSP Kota Surakarta berhasil meraih predikat WBK pada tahun 2017 setelah tiga tahun berturut-turut mencoba dan saat ini sedang mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk WBBM.

Tim DPMPTSP Kabupaten Sragen sangat berterimakasih dan mendapat banyak pembelajaran dari DPMPTSP Kota Surakarta mengenai dokumen dan data dukung yang dibutuhkan dan proses apa saja yang perlu dilakukan agar predikat WBK bisa diraih. (IPP)


  • 0

Kreasi Guyub Rukun Taman Kota ku

Category : Berita

DPMPTSP Sragen – Pagi itu ada kesibukan yang berbeda di kompleks Taman Tirtasari. Selepas acara apel pagi dan senam aerobik Jumat pagi (26/4/2019), banyak kendaraan hilir mudik membawa material bangunan, tanaman hias dan pupuk. Rupanya hari itu, seluruh karyawan dan karyawati di lingkungan Pemkab Sragen bekerja bakti guyub rukun menata mempercantik taman di kompleks Taman Tirtasari dan Hutan Kota Ekowisata.

Tim Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sragen pun turut berperan serta membangun dan mempercantik taman yang menjadi bagiannya. Bahkan, kegiatan tersebut sudah dimulai sehari sebelumnya sehingga hari itu digunakan untuk merapikan dan mengecat kanstin. Diharapkan setelah ditata dan dipercantik, taman ini bisa menjadi tujuan wisata keluarga di tengah kota.

Rencananya kompleks Taman Tirtasari dan Hutan Kota Ekowisata akan diresmikan oleh Bupati Sragen, Ibu dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada Minggu (28/4/2019). (IPP)

 


  • 0

Sosialisasi LKPM Online

Category : Berita

 

Sesuai dengan amanat undang undang nomor 25 tahun 2007 pasal 15, bahwa setiap Penanaman Modal WAJIB membuat laporan tentang kegiatan penanaman modal dan menyampaikannya kepada Badan Koordinasi Penanaman ModaL.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) Kabupaten Sragen dalam rangka mewujudkan Sragen sebagai daerah Pro Investasi, didukung oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah melaksanakan sosialisasi kepada hampir 50 (lima puluh) perusahaan Sragen mengenai tata cara Pelaporan Kegiatan Penanaman Modal melalui sistem online yang disebut LKPM Online sebagai wujud fasilitasi untuk investor yang diselenggarakan pada hari Rabu, 5 September 2018 bertempat di Ruang Op Room Pemda Sragen.

Target dan realisasi investasi PMDN dan PMA, pada tahun 2018 target Rp 1.7 Triliun terealisasi Rp 800.4 M sampai triwulan kedua dengan ratio 47 persen, dan data tersebut termaktub dalam Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), dimana saat ini seluruh pengusaha harus melaporkan kegiatannya disini secara transparan, lebih cepat dan tepat. Silahkan mengakses http://lkpmonline.bkpm.go.id guna mengakses lkpm online

DPMPTSP Kabupaten Sragen memiliki tupoksi di Bidang Penanaman Modal khususnya di Sub sie Dalak ( Pengendalian dan Pelaksanaan ) yang bertugas menfasilitasi pengusaha dengan mendampingi dalam pelaporan dan memotivasi mereka agar lebih serius dan bersemangat saat dirundung masalah bisnis di periode waktu tim berkunjung ke lapangan utuk tim fasilitasi.

Kami mempunyai moto, “Bersahabat dengan para pengusaha lebih penting saat fasilitasi, karena paradigma kurang ramahnya birokrasi masih banyak tertanam di benak pengusaha, mereka ada beberapa yang alergi dengan birokrat, karena dinilai kaku, menghakimi, atau suka pungli. Nah… untuk itu guna merubah paradigma yang kurang baik itu perlu perubahan pelayanan yang lebih bersahabat”, tutur Erwan Adithya Suddin, SH, MM , selaku Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP KABUPATEN SRAGEN.

 

Lancarnya investasi perlu sinergitas dari berbagai pihak

“Saya berharap kepada seluruh stake holder agar dapat mensosialisasikan kepada seluruh pelaku usaha baik investor dan calon investor agar lebih taat laporan sehingga data realisasi investasi Sragen dapat meningkat, untuk itu dibutuhkan sinergitas mulai dari masyarakat pelaku usaha dan pemerintah, dimana pihak swasta dan masyarakat memiliki peran yang sangat dominan didampingi oleh pemerintah.” Tutur Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Drs. I Yusep Wahyudi, M.Si

 

05 September 2018  article by : Maya

Video LKPM

(1) Manfaat dan Tujuan Menyampaikan LKPM Online

(2) Tata Cara Pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal Online (LKPM ONLINE)

 


  • 0

  • 0

PERSYARATAN UMKM KABUPATEN SRAGEN YANG AKAN MEMASOK BARANG / PRODUK KE TOKO MODERN (ALFA MART, INDOMART DAN ALFA MIDI)

Category : Berita , Info Publik

 

UMKM KABUPATEN SRAGEN YANG AKAN MEMASOK  BARANG / PRODUK KE TOKO MODERN ( ALFA MART, INDOMART DAN ALFA MIDI )  

DAPAT DIFASILITASI / DIBANTU  OLEH  PT. GENTRADE YANG BERALAMAT DI JALAN RAYA SUKOWATI No. 300 SRAGEN No Tlp (0271) 891028

 

Ketentuan / Persyaratan sebagai berikut :

  1. UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang kegiatan usahanya berada di wilayah Kabupaten Sragen.
  2. Produk yang akan dipasok dapat berupa makanan/minuman olahan, batik, kerajinan atau produk UMKM lainnya yang memiliki nilai jual yang tinggi.
  3. UMKM yang akan memasok barang harus melampirkan fotokopy KTP dan perijinan usaha sesuai dengan ketentuan.
  4. Makanan/minuman olahan hasil produksi UMKM Sragen harus memiliki SPIRT ( Sertifikat Produksi Industri Rumah Tangga) dan mencantumkan dalam kemasan.
  5. Untuk produk UMKM yang telah dikemas, kemasannya harus menarik, tidak mudah bocor ataupun sobek sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang ditentukan.
  6. Mencantumkan tanggal kadaluwarsa untuk produk makanan/minuman dalam kemasan.
  7. Untuk mengetahui rasa ataupun aroma dari makanan/minuman yang dipasok tersebut terlebih dahulu akan dilakukan tes rasa oleh pihak PT. Gentrade.
  8. Barang khususnya dalam bentuk makanan dan minuman olahan yang telah diterima masuk ke PT. Gentrade akan dibayar ( sesuai dengan kesepakatan / MOU antara PT. Gentrade dan UMKM pemasok).
  9. Barang yang lama tidak terjual dapat dikembalikan/diretur.
  10. Jangka waktu penitipan antara 1 s/d 3 bulan atau disesuaikan dengan jangka waktu kadaluwarsa dari produk makanan/minuman.
  11. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
    a. Yanti : 0812-2542-396
    b. Anita : 0813-9358-8167
    c. Gentrade yang beralamat di Jl. Raya Sukowati no. 300 Sragen. No Telp.  (0271) 891028

  • 0