Team Dalak Provinsi dan Sragen Goes to Gondang

  • 0

Team Dalak Provinsi dan Sragen Goes to Gondang

Category : Berita

Kali ini team Pengendalian dan Pelaksanaan ( Dalak ) Penanaman Modal DPMPTSP Sragen berkunjung ke wilayah timur Kabupaten Sragen. Kunjungan kali ini ditemani oleh Tim dari Pengawasan dan Pengendalian ( WASDAL ) DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kunjungan ini team harus meninjau Perusahaan yang mengajukan izin dalam kewenangan Provinsi dalam pengawasannya. Terdapat beberapa Perusahaan yang lokasi nya tidak ditemukan, maka dari itu team harus mengkonfirmasi ke Kelurahan/Desa setempat. Bertemu dengan Perangkat Daerah di Desa Sambungmacan Kecamatan Sambungmacan memang ditemukan adanya perusahaan yang mengurus izin namun tidak meminta surat keterangan dari pihak setempat dan tidak ditemukan proyeknya di lokasi yang tertera di sistem perizinan, dalam hal ini team dapat memberikan rekomendasi untuk mencabut izin tersebut.

Selanjutnya kami berkunjung ke Perusahaan Tekstil yang cukup besar di Sragen yaitu Delta Merlin Sandang Textile yang telah melengkapi izin dengan regulasi terbaru yaitu Nomor Induk Berusaha ( NIB ). Perusahaan ini bergerak di bidang Industri Pengolahan dan Pemintalan Benang. Perusahaan telah lama beroperasional dan memiliki pasar cukup luas termasuk di luar negeri yaitu di Negara Eropa.

PT. DELTA MERLIN SANDANG TEXTILE telah memiliki hak akses Laporan Kegiatan Penanaman Modal ( LKPM ) dan telah secara rutin melaporkan secara online. Bagi Perusahaan yang telah mengurus izin melalui OSS kami sarankan melakukan konsultasi dan pendampingan ke petugas OSS DPMPTSP, karena ada beberapa data yang kurang sesuai ataupun belum ternotifikasi sesuai dengan pemenuhan komitmennya.

Team dari Wasdal Provinsi memberikan sosialisasi mengenai kewajiban perusahaan terkait pembuatan izin melalui OSS, pemenuhian komitmen, pelaporan usaha secara periodik, kemitraan sampai kepada Corporate Social Responsibility ( CSR ) kepada lingkungan.

Menutup kunjungan lapangan kali ini, kami sempatkan berfoto bersama, dan pihak dari Perusahan mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sragen dan Provinsi Jawa Tengah khususnya di Bidang Penanaman Modal atas pembinaan dan pembimbingan terhadap Perusahaan.

( #Reportase #Dalak/May )