Sosialisasi LKPM Online

  • 0

Sosialisasi LKPM Online

Category : Berita

 

Sesuai dengan amanat undang undang nomor 25 tahun 2007 pasal 15, bahwa setiap Penanaman Modal WAJIB membuat laporan tentang kegiatan penanaman modal dan menyampaikannya kepada Badan Koordinasi Penanaman ModaL.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) Kabupaten Sragen dalam rangka mewujudkan Sragen sebagai daerah Pro Investasi, didukung oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah melaksanakan sosialisasi kepada hampir 50 (lima puluh) perusahaan Sragen mengenai tata cara Pelaporan Kegiatan Penanaman Modal melalui sistem online yang disebut LKPM Online sebagai wujud fasilitasi untuk investor yang diselenggarakan pada hari Rabu, 5 September 2018 bertempat di Ruang Op Room Pemda Sragen.

Target dan realisasi investasi PMDN dan PMA, pada tahun 2018 target Rp 1.7 Triliun terealisasi Rp 800.4 M sampai triwulan kedua dengan ratio 47 persen, dan data tersebut termaktub dalam Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), dimana saat ini seluruh pengusaha harus melaporkan kegiatannya disini secara transparan, lebih cepat dan tepat. Silahkan mengakses http://lkpmonline.bkpm.go.id guna mengakses lkpm online

DPMPTSP Kabupaten Sragen memiliki tupoksi di Bidang Penanaman Modal khususnya di Sub sie Dalak ( Pengendalian dan Pelaksanaan ) yang bertugas menfasilitasi pengusaha dengan mendampingi dalam pelaporan dan memotivasi mereka agar lebih serius dan bersemangat saat dirundung masalah bisnis di periode waktu tim berkunjung ke lapangan utuk tim fasilitasi.

Kami mempunyai moto, “Bersahabat dengan para pengusaha lebih penting saat fasilitasi, karena paradigma kurang ramahnya birokrasi masih banyak tertanam di benak pengusaha, mereka ada beberapa yang alergi dengan birokrat, karena dinilai kaku, menghakimi, atau suka pungli. Nah… untuk itu guna merubah paradigma yang kurang baik itu perlu perubahan pelayanan yang lebih bersahabat”, tutur Erwan Adithya Suddin, SH, MM , selaku Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP KABUPATEN SRAGEN.

 

Lancarnya investasi perlu sinergitas dari berbagai pihak

“Saya berharap kepada seluruh stake holder agar dapat mensosialisasikan kepada seluruh pelaku usaha baik investor dan calon investor agar lebih taat laporan sehingga data realisasi investasi Sragen dapat meningkat, untuk itu dibutuhkan sinergitas mulai dari masyarakat pelaku usaha dan pemerintah, dimana pihak swasta dan masyarakat memiliki peran yang sangat dominan didampingi oleh pemerintah.” Tutur Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Drs. I Yusep Wahyudi, M.Si

 

05 September 2018  article by : Maya

Video LKPM

(1) Manfaat dan Tujuan Menyampaikan LKPM Online

(2) Tata Cara Pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal Online (LKPM ONLINE)