Survei Kepuasan Masyarakat Periode I Tahun 2018

  • 0

Survei Kepuasan Masyarakat Periode I Tahun 2018

Category : Info Publik

Dituangkannya pelayanan prima dalam visi dan misi Nasional Indonesia, menunjukkan bahwa tuntutan masyarakat terhadap pelayanan prima kepada masyarakat merupakan keharusan dan tidak dapat diabaikan lagi oleh aparatur pemerintah, karena hal ini merupakan bagian tugas dan fungsi pemerintah dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Sedangkan bagi masyarakat sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan unit yang bersangkutan.

Pelayanan perizinan dan non perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sragen, telah dilakukan dengan cepat, mudah, transparan dan pasti. DPMPTSP Kabupaten Sragen dalam melayani masyarakat juga telah melaksanakan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) setiap semester dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kinerja pelayanan kepada masyarakat. Untuk periode I dimulai pada bulan Januari – Juni 2018.

Survei ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha memahami tingkat kepuasan pelanggan /  masyarakat yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sragen. Adapun pertanyaan terdiri dari 9 (sembilan) unsur, selanjutnya jawaban dari 9 (sembilan) unsur tersebut dilakukan pengolahan yang menghasilkan indeks kepuasan masyarakat (IKM).

Masyarakat yang telah menerima kuesioner survei sebanyak 327 (tiga ratus dua puluh tujuh) orang. Dari ke 327 responden pemohon tersebut dapat diketahui bahwa tingkat kepuasan pelanggan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sragen adalah 81.05 sehingga masuk dalam kategori BAIK.  Laporan Survey Kepuasan Masyarakat Periode I Tahun 2018 secara lengkap dapat di download di sini.