JAJARAN DPMPTSP KABUPATEN SRAGEN KUNJUNGI MPP KAB. BADUNG

  • 0

JAJARAN DPMPTSP KABUPATEN SRAGEN KUNJUNGI MPP KAB. BADUNG

Category : Berita

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan Mall Pelayanan Publik, jajaran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sragen mengadakan kunjungan kerja ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Badung, Provinsi Bali ( Jumat / 31/1/2020). Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Sragen, Tugiyono, S.H tersebut diterima oleh Kepala Bidang Program dan Informasi DPMPTSP Kabupaten Badung, I Gusti Bagus Diana Putra, didampingi Kabid Pelayanan Perizinan Pemerintahan dan Pembangunan Sang Nyoman Oka Permana, di Ruang Pertemuan setempat.

Kepala Bidang Program dan Informasi DPMPTSP Kabupaten Badung, I Gusti Bagus Diana Putra  mengatakan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Badung merupakan pilot project Pembangunan Mall Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2018. Kabupaten Badung merupakan satu dari 11 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang ditunjuk  Kemenpan RB sebagai lokasi penyelenggara  Mall Pelayanan Publik Tahun 2018. Di Provinsi Bali selain Kabupaten Badung,  Kota Denpasar juga ditunjuk menjadi pilot project oleh Kementrian PAN dan PB untuk mendirikan MPP.

MPP Kabupaten Badung yang terletak di pusat pemerintahan Kabupaten Badung tersebut, diresmikan pada tanggal 17 September 2018 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saat itu,  Syarifudin. I Gusti Bagus Diana Putra menjelaskan di MPP Kabupaten Badung saat ini telah bergabung 27 Instansi yang memberikan layanan publik, terdiri dari 10 BUMN, 9 instansi vertikal dan 8 instansi kabupaten. Jumlah Layanan di MPP Badung sebanyak 145 layanan.

Lebih lanjut I Gusti Bagus Diana Putra menjelaskan keberadaan MPP Badung secara riil mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik di Kabupaten Badung. “Sebelum ada MPP jumlah pemohon layanan hanya sekitar 50 pemohon per hari. Namun setelah ada MPP ini, jumlah pemohon meningkat pesat, sekitar 500 pemohon perhari “ kata Diana Putra. “Untuk meningkatkan kualitas layanan MPP Kabupaten Badung telah melakukan inovasi melalui aplikasi Laperon ( Layanan Perizinan Online ), sehinggga makin memudahkan masyarakat dalam mengurus dan mengajukan permohonan perizinan “ tambahnya.

Terkait operasional MPP, menurut Diana Putra, komitmen Bupati Badung sangat tinggi untuk mendukung keberadaan MPP Kabupaten Badung ini. “Seluruh biaya operasional MPP ditanggung Pemkab Badung. Sehingga instansi yang bergabung di MPP tinggal menyiapkan personel dan materi untuk pelayanan pada pemohon saja “ imbuh Diana Putra.

Sementara Kepala DPMPTSP Kabupaten Sragen, Tugiyono S.H mengatakan, sesuai instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, Kabupaten Sragen tahun 2020 ini harus sudah memiliki Mall Pelayanan Publik. Untuk itu pihaknya sengaja berkunjung ke MPP Kabupaten Badung ini, untuk belajar banyak hal dalam pengelolaan MPP, karena MPP Kabupaten Badung telah menjadi rujukan nasional dalam bidang pengelolaan Mall Pelayanan Publik. Tugiyono berharap dengan melihat, belajar dan mengikuti bimbingan teknis di MPP Badung ini tentunya menjadi bekal yang sangat bermanfaat dalam mengelola MPP Kabupaten Sragen yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

Selesai penerimaan  di Ruang Pertemuan, jajaran DPMPTSP Kabupaten Sragen  yang terdiri dari Sekretaris, para Kabid, Kasie dan petugas Front office dan Back Office melakukan tinjauan lapangan ke loket-loket pelayanan yang ada di MPP Kabupaten Badung. (IPP)