Insentif dan Kemudahan

Kemudahan Perizinan Berusaha

Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan perizinan yang prima tidak dapat ditawar lagi, maka DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) memberikan kemudahan pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu dalam satu pintu dengan prinsip kepastian waktu, biaya, cepat, mudah, efisien dan transparan guna mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif.

Dengan adanya PP Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik dan Perpres RI Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, kini para pelaku usaha PMA-PMDN, baik mikro-kecil, perseorangan maupun non perorangan (Badan Usaha – PT, CV, Firma, Persekutuan Perdata, Koperasi, Yayasan, dll) kini bisa langsung mendaftarkan usahanya secara online melalui OSS (Online Single Submission) dengan alamat www.oss.go.id.

Guna memberikan kemudahan pelayanan perizinan terpadu di tingkat kecamatan, pada tahun 2013 Pemkab Sragen mendirikan Pelayanan Administrasi Kecamatan (PATEN). Seperti halnya layanan di DPMPTSP, masyarakat dapat mengurus IMB, SIUP, TDP dll skala kecil di setiap kecamatan penyelenggara Paten dengan cepat, mudah, prosedur dan biaya yang jelas serta target waktu penyelesaian. Paten melayani 13 perizinan, 2 nonperizinan dan pelayanan penanggulangan kemiskinan.

Kemudahan pelayanan perizinan di tingkat desa/kelurahan juga ditingkatkan dengan adanya kantor Pelayanan Administrasi Desa/Kelurahan (PADMA) sejak tahun 2014. PADMA merupakan Pelayanan Administrasi Terpadu ditingkat desa dan satu-satunya di Indonesia. Pelayanannya meliputi IMB, HO, KTP, KK, Akte Kelahiran,  SKCK, dll yang dilayani oleh Lurah/Kepala Desa demi terwujudnya pelayanan publik yang efektif, efisien dan transparan pada masyarakat paling bawah.

Insentif Daerah

  • Insentif fiskal : penundaan pembayaran retribusi, kompensasi, subsidi silang, imbalan, sewa ruang dan kontribusi saham.
  • Insentif non fiskal : pembangunan dan pengadaan prasarana, kemudahan prosedur perizinan dan penghargaan dari pemkab.
  • Pelayanan Perizinan investasi yang prima, dengan prinsip kepastian waktu, biaya, cepat, mudah, efisien dan transparan melaui DPMPTSP di tingkat kabupaten, PATEN di tingkat kecamatan dan PADMA di tingakt desa.
  • Kebijakan pemerintah yang mendukung.
  • Tersedianya sarana, prasarana dan infrastruktur yang memadahi.
  • Ketersediaan lahan dengan harga tanah yang relative masih terjangkau.
  • Tersedianya tenaga kerja yang terampil lulusan sekolah/lembaga pelatihan yang andal.
  • Biaya kebutuhan hidup minimum dan upah minimum.
  • Berbagai ragam sumber daya alam yang mempunyai prospek ekonomi cukup baik.
  • Kondisi sosial, politik, dan keamanan yang sangat stabil dan terkendali
  • Budaya masyarakat Sragen yang terkenal santun dan ramah.